Rabu, 16 April 2014

Mengganti Template Blog di Blogger

Seperti sebelumnya saya memposting bagaimana cara membuat blog di Blogger. Tentunya tampilan blog yang baru dibuat tersebut menggunakan template standar yang sudah disediakan oleh Blogger. Kita dapat menggantinya sesuai dengan selera kita. Untuk templatenya kita bisa download dari internet atau dari situs-situs penyedia template blog untuk blogger/blogspot. Banyak yang menyediakannya secara gratis. Kita bisa mencarinya melalui mesin pencari. Berikut ini merupakan langkah-langkah mengganti template blog di Blogger.

Cara Mengganti Template Blog di Blogger:
1. Download Templatenya. Pilih template yang clean, fast loading, dan SEO Friendly. Baca review templatenya (jika ada). Anda bisa Test ke-SEO-an demo templatnya di Chkme. Test loadingnya di GTMetrix.
2. Jika hasil download berupa file ZIP atau RAR, ekstrak file tersebut (caranya: klik kanan > exctract to [nama file]) sehingga menjadi file ekstensi XML. Jika menjadi lebih dari satu file, "amankan" yang berekstensi XML. File lain biasanya berupa "readme" atau panduan instalasi dan link.
3. Login ke Blogger. Ketik www.blogger.com di address bar browser Anda.
4. Klik menu Template / Tampilan di kiri bawah Dashborad Blog.
5. Klik menu Backup/Restore (Cadangkan/Pulihkan) di kanan atas Dashboard Blog.
6. Klik Choose File / Pilih File. Klik file ekstensi XML yang sudah didownload/diekstrak.
7. Klik Upload (Unggah). Tunggu hingga selesai.
8. Beres! Selamat, tampilan blog Anda sudah berubah!

Itulah langkah-langkah mengganti template blog di blogger. Semoga postingan ini bisa bermanfaat.

Happy Blogging

0 komentar:

Posting Komentar